File Joomla yang telah pembaca download sebelumnya, tidak dapat langsung digunakan untuk meng-install Joomla di PC/Laptop. Pembaca harus mempersiapkannya terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya untuk meng-install Joomla di PC/Laptop.

 

Penulis beranggapan, pembaca sudah menguasai prasyarat yang diperlukan seperti: memahami install WampServer, memiliki pengetahuan dasar mengoperasikan PC/Laptop dengan O/S Windows 7 seperti explore file/folder, copy-paste, membuat folder, juga mengetahui cara meng-ekstraksi file terkompresi, dan mengetahui cara mengakses website menggunakan browser. Selain itu, tentu saja penulis menganggap bahwa pembaca sudah memiliki file Joomla yang menjadi ‘tokoh utama’ pada Notes-6 ini… Masih belum paham salah satu atau bahkan semua prasyarat yang dimaksud? Stop membaca sampai disini dan silahkan baca kembali artikel-artikel sebelum ini.

Memahami Sedikit Tentang Area Public_Html di WampServer

Pada artikel sebelum ini, telah dijelaskan bahwa seluruh file/folder WampServer tersimpan di c:\Wamp\ dan Homepage WampServer dapat diakses menggunakan browser dengan alamat http://localhost/.

File-file Homepage WampServer yang dapat diakses dengan alamat http://localhost/ tersebut terletak di area public_html milik WampServer yaitu di folder c:\Wamp\www\. Ini berarti bahwa semua file yang diperlukan untuk membuat website harus diletakkan pada folder tersebut.

Pembaca dapat membuat sebanyak mungkin website di PC/Laptop. Tetapi yang harus diperhatikan disini, setiap website di PC/Laptop, seperti halnya website di Internet, harus memiliki alamat yangunique. Apabila Homepage WampServer yang file-file nya terletak di c:\Wamp\www\ memiliki alamatunique http://localhost/, maka website lainnya dapat memiliki alamat unique sendiri dengan membuat folder di dalam c:\Wamp\www\; misalkan c:\Wamp\www\Webku01\. Folder yang dibuat di dalam c:\Wamp\www\ itu selanjutnya akan menjadi alamat unique website yaituhttp://localhost/Webku01/.

Sampai disini, penulis beranggapan bahwa pembaca sudah mengetahui serta memahami areapublic_html di WampServer, dan sudah mengetahui serta memahami bahwa perlu membuat folder di public_html untuk setiap website yang akan dibuat…

Bagaimana, masih belum paham? silahkan pahami dulu sebelum melanjutkan membaca. 


Mempersiapkan File Install Website Joomla

Sekarang, sebagai langkah awal memulai install Joomla, buatlah sebuah folder di dalam area public_html sebagai tempat meletakkan file-file Website Joomla nantinya. Nama folder yang terdiri dari lebih dua kata atau lebih, agar memudahkan nantinya, disarankan untuk menuliskannya dengan tanpa spasi; misalkan c:\wamp\www\contohjoomla\, atau c:\wamp\www\belajarjoomla\.

Sudah selesai membuat folder?.. selanjutnya ke dalam folder tersebut, copy-paste file Joomla yang sudah pembaca download dalam bentuk file terkompresi (zip), lalu ekstraksi file Joomla tersebut (tulisan ini menggunakan WinRAR untuk meng-ekstraksi file Joomla).

Sampai disini, pembaca sudah selesai mempersiapkan file-file yang diperlukan untuk install Joomla. Langkah selanjutnya adalah, tentu saja, melakukan install Joomla.

Bagaimana? sudah siap?… tenang… tidak perlu terburu-buru, sebelum lanjut, silahkan pastikan terlebih dahulu bahwa Anda benar-benar sudah memahami tulisan di atas.

sumber:cangkruk.com