Compression software yang dimaksud disini adalah software yang berfungsi untuk meng-kompresi (memadatkan file/folder) dan meng-ekstraksi (menguraikan kembali) file/folder terkompresi. Pembaca nantinya akan memerlukan compression software ini terutama untuk meng-ektraksi file Joomla yang memang tersedia dalam bentuk file ter-kompresi (zip).

 

Penulis beranggapan pembaca sudah mengetahui cara browsing dan mendownload sesuatu di Internet. Juga sudah memiliki pengetahuan dan mengetahui istilah2 dasar menggunakan PC/Laptop dengan O/S Windows, seperti explore file/folder, select file/folder, klik kanan (right-click), create folder, dan hal mendasar lainnya yang mungkin terlewat ditulis disini.

Compression Tools di Windows 7 Home Basic

Seperti pernah disampaikan pada tulisan di artikel sebelumnya bahwa dalam menyelesaikan serialMenggunakan Joomla di PC/Laptop for Dummy ini, penulis menggunakan Laptop dengan O/S Windows 7 Home Basic. Secara default pada O/S tersebut sudah tersedia compression tool yang dapat langsung digunakan tanpa harus meng-install compression software third-party. Cara menggunakannya cukup mudah:

  • Meng-kompresi file/folder. Select file/folder yang ingin di-kompresi, klik kanan (right-click) mouse, pilih Send to, klik Compressed (zipped) folder, dan beri nama file hasil kompresi yang terbentuk.

  • Meng-ektraksi file terkompresi. Klik kanan (right-click) pada file terkompresi, klik Extract All, tentukan Folder untuk menampung file/folder hasil extract, dan klik tombol Extract.


Compression Software Third-Party

Tidak semua pengguna Windows suka menggunakan compression tools yang telah tersedia secara default, tetapi lebih memilih menggunakan compression software third-party seperti winRAR, winZIP, atau mungkin lainnya.

Pembaca yang ingin menggunakan winRAR dapat men-download-nya (saat tulisan ini, tersedia versiWinRAR x86 (32 bit) 4.11) di alamat http://www.rarlab.com/download.htm.

Sedangkan pembaca yang ingin menggunakan WinZip (saat tulisan ini, tersedia versi WinZip 16) di alamat http://www.winzip.com/win/en/index.htm.

Bagaimana cara install dan menggunakannya?.. hmm, silahkan mencoba install sendiri dengan jurusyes-next-install-finish. Cara menggunakannya kurang lebih sama dengan menggunakancompression tool yang sudah tersedia di Windows yaitu dengan jurus select-right click-execute. 🙂

Sumber:cangkruk.com