Dengan memberi tanda Check pada Create a Quick Launch icon dan Create a Desktop icon sewaktu melakukan install WampServer (baca kembali artikel sebelum ini), akan terbentuk icon WampServer di windows desktop.

Icon WampServer di windows dekstop tersebut dapat digunakan untuk mengaktifkan services WampServer secara cepat. Klik 2x (double click) icon WampServer, apabila Windows 7 mengaktifkanUser Control Account klik saja tombol Yes, lalu tunggu beberapa saat.

 

WampServer sudah aktif, silahkan lakukan langkah pengecekan untuk memastikan bahwa WampServer benar-benar sudah aktif.

Me-NonAktif-kan WampServer

Me-NonAktif-kan WampServer dapat dilakukan dengan dua cara:

  • Menonaktifkan services sekaligus unload WampServer, klik kanan (right click) icon WampServer di windows task bar, lalu klik Exit.

  • Menonaktifkan services tanpa unload WampServer, klik (on click) pada icon WampServer  di windows task bar, lalu klik stop all services. Perhatikan, icon WampServer masih tetap di windows task bar tetapi berubah warna menjadi merah, yang berarti bahwa WampServer sedang ber-status tidak aktif.

Sampai disini, (semestinya) pembaca sudah paham/mengerti cara install WampServer, juga paham/mengerti cara mengaktifkan/menonaktifkan WampServer. Apabila merasa masih belum paham/mengerti, jangan melanjutkan membaca artikel selanjutnya, silahkan coba dan ulangi pada bagian yang belum dimengerti sampai benar-benar paham/mengerti. 🙂

sumber:cangkruk.com