Install Joomla di PC/Laptop dapat dilakukan apabila web server telah ber-status aktif dan tentu saja tersedia file Joomla yang telah dipersiapkan sebagaimana penjelasan pada artikel sebelum ini.

Penulis beranggapan pembaca sudah memahami cara me-nonaktif/aktif-kan WampServer, telah mempersiapkan file Joomla dengan meng-ekstraksi-nya pada folder di area public_html WampServer, dan mengetahui cara mengakses alamat website menggunakan browser… Apabila pembaca masih belum memahami salah satu atau bahkan semua prasyarat yang disebutkan di atas, silahkan stop membaca sampai disini dan baca kembali tulisan pada Notes 1 s/d 6.

 

Sebelum memulai install Joomla, pembaca tentunya telah mempersiapkan file install Joomla dengan membuat sebuah folder di c:\wamp\www\. Untuk memudahkan pembahasan mengenai install Joomla, pada tulisan ini file install Joomla telah dipersiapkan pada folderc:\wamp\www\belajarjoomla\, pembaca dapat menyesuaikannya dengan nama folder yang telah dibuat sebelumnya.

Sekarang, bersiaplah memulai install Joomla dengan terlebih dahulu mengaktifkan WampServer.

Bagaimana, WampServer sudah aktif? silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk mulai meng-install Joomla:

  • Buka browser dan pada address bar ketikkan http://localhost/belajarjoomla/ {sesuaikan/belajarjoomla/ dengan nama folder yang telah dibuat sebelumnya}, tunggu beberapa saat hingga tampil halaman install Joomla.
  • Terdapat 7 langkah (steps) yang harus diselesaikan, yaitu:

Steps 1 : Language. Pembaca dapat memilih Bahasa yang digunakan selama proses install Joomla. Klik [Next] untuk tetap menggunakan bahasa default yaitu English (United States).

Steps 2 : Pre-Installation check. Pembaca dapat mengetahui apakah kondisi awal yang diperlukan untuk install Joomla sudah terpenuhi atau tidak. Terdapat 2 (dua) kondisi yaitu: Pre-Installation check for Joomla! Stable; kondisi ini harus terpenuhi semua agar install Joomla dapat berjalan sempurna (ditandai dengan tulisan Yes berwarna hijau), dan kondisi Recommended settings; ini adalah kondisi yang direkomendasikan, tetapi tidak harus terpenuhi semuanya. Klik [Next] untuk melanjutkan install Joomla.

Steps 3 : License. General Public License yang harus disepakati untuk install Joomla. Klik [Next]untuk melanjutkan install Joomla.

Steps 4 : Database. Isikan beberapa informasi database yang diperlukan, seperti Database Type(biarkan sesuai isian default, yaitu Mysqli), Host Name (biarkan sesuai isian default yaitu Localhost),Username (isikan dengan root), Password (tidak perlu diisi apapun, kosongkan), Database Name(isikan dengan nama database yang diinginkan, misal DBjoomla), Table Prefix (biarkan sesuai isian default), dan Old Database Process (biarkan sesuai isian default, yaitu Backup). Klik [Next] untuk melanjutkan install Joomla.

Steps 5 : FTP Configuration. Biarkan saja sesuai isian default {kosongkan}. Klik [Next] untuk melanjutkan install Joomla.

Steps 6 : Configuration. Konfigurasi utama untuk Website Joomla perlu pembaca lakukan padaSteps 6 ini, yaitu Site Name {isikan dengan nama website Joomla, misalkan Website Joomlaku},Your Email {isikan dengan alamat email pembaca}, Admin Username {biarkan sesuai isian default, yaitu Admin}, Admin Password {isikan password admin yang diinginkan}, Confirm Admin Password {ulangi mengisi password Admin yang sama dengan sebelumnya}. Klik Install Sample Data apabila ingin install Joomla dengan menyertakan contoh konten website Joomla; Untuk memudahkan penjelasan pada Notes selanjutnya, pada contoh di tulisan ini akan di-install Joomla tanpa konten (tidak meng-klik Install Sample Data). Klik [Next] untuk melanjutkan install Joomla.

Steps 7 : Finish. Pada langkah ini, pembaca cukup meng-klik tombol Remove installation folderuntuk mengakhiri proses install Joomla.

Sampai disini, install Joomla telah selesai dilakukan. Perhatikan di pojok kanan atas, silahkan klik tombol Site untuk melihat tampilan halaman depan Website Joomla atau klik tombol Administrator untuk melihat tampilan halaman Administrator.