Mungkin beberapa temen-temen sudah tahu apa itu travian bukan??? Mungkin beberapa dari temen-temen sudah paham lah apa yang dimaksud dengan travian, atau mungkin bahkan nasibnya seperti saya sebagai aktivis travian. Dan bagi yang belum tahu, travian adalah salah satu game online, yang midelnya hampir sama dengan age of empire yang intinya kita membangun desa, mencari sumberdaya, membuat pasukan dan menyerang atau diserang. Menghancurkan atau dihancuran. namun travian merupakan RTG( Real time game), itu yang membuat travian begitu menghabiskan waktu.

Memang sudah sangat profesional si pembuat game ini dalam meracuni pikiran. Dia memulai dengan yang sangat ringan, dengan waktu pengelolaan yang relatif singkat, bahkan sangat singkat, sehingga seolah tak masalah dengan mengikuti game itu tak akan menggangu aktivitas yang lain. Namun seiring dengan kenaikan level dari bangunan maka pembuatan akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Seolah si pembuat paham betul karakter manusia. Dia mulai dari yang sangat kecil lalu berangsur-angsur menuju yang besar. Sehingga tanpa sadar sang pemain akan dihabiskan waktunya disini.

Dengan salah satu featurenya yang bisa merampok desa lain, membuat pemain tak berkutik apa-apa untuk meninggalkannya. Ketika populasi sudah mulai naik dan desa sudah menjadi cukup bagus, pemain harus mengawasi desa terus agar tidak ada yang merampok desanya. Sehingga itu memunculkan jargon baru untuk pemain travian, menyaingi para ikhwan yang punya jargon Hatiku teroaut dimasjid, kalau untuk pemain travian Hatiku terpaut di travian. Sehingga setiap saat dimanapun, kapanpun yang dibicarakan traviaannnn mulu, yang difikirkan traviannn mulu, takut kalau dirampok lah, takut kalau diserang balik lah takut kalau bla bla bla dst. Karena memang munkin pemain terlanjur sayang dengan desanya.

Sehingga kini tak kusadari berapa banyak waktu yang aku luangkan hanya untuk Travian. Berapa banyak waktu yang aku gunakan hanya untuk travian, berapa banyak aktivitasku yang terganggu hanya karena travian. Dan kesimpulanya adalah travian merupakan salah satu pembodohan terhadap waktu

Namun kenapa aku masih tak kuasa untuk meninggalkannya ya???