Mahalnya lisensi untuk mendapatkan Operating System Windows Membuat orang enggan untuk membelinya. Padahal Sistem Operasi Windows Sudah sangat melekat erat dengan kehidupan pengguna komputer saat ini, khususnya di Indonesia. akibatnya ketika ingin beralih dari Sistim Operasi Windows ke Sistem Operasi Yang lain yang bersifat free (seperti Linux atau FreeBsd) mereka semua harus belajar mulai dari nol lagi. Disamping itu, maraknya Sistem Operasi Windows yang sudah di crack alias Widows Bajakan, sehingga untuk mendapatkannya tidak perlu mahal-mahal membayar lisensi untuk mendapatkan Sistem Operasi Windows. Akibatnya Windows menjadi terasa sangat murah bahkan gratis. Sehingga para pengguna komputer menjadi semakin enggan untuk beralih dari windows. Bahkan penggunaan software yang sudah dicrack alias software bajakan seolah menjadi hal yang biasa di Indonesia khususnya. Namun apakah hal tersebut bisa dikatakan sebagai hal yang biasa? Dan apakah hal tersebut diperbolehkan agama? Saya tidak akan membahas jauh mengenai masalah tersebut.
Lalu bagaimana solusinya? Bagi temen temen yang di matematika, ternyata pada sistem operasi linux juga disajikan aplikasi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di bidang matematika. Namun karena saya sendiri juga belum terlalu lama mendalami linux jadi hanya beberapa saja yang saya tahu.
Pada sistem operasi linux yang masih bisa dikatakan satu keluarga dengan Ubuntu yang memang sengaja di desain untuk pendidikan. Edubuntu itulah nama sistem operasi ini. Mungkin bagi pengguna baru tentunya nama tersebut masih terasa aneh, namun kita harus segera terbiasa dengan nama tersebut. Sampai saat ini saya baru mengetahui dua aplikasi yang bisa membatu menyelesaikan permasalahan matematika, yakni KmPlot dan Kig.
KmPlot dapat digunakan untuk membuat grafik dari suatu persamaan. Misalnya kita harus membuat plot dari suatu persamaan yang mungkin bisa dikatakan cukup rumit, kita tinggal menuliskan persamaannya dan kita tinggal tekan enter, maka plot dari persamaan yang kita inginkan akan terbentuk. Atau singkatnya aplikasi ini dapat digunakan untuk menggambar kurva dari persaaan yang sudah ditentukan.
Dan ketika temen-temen dibingungkan dengan permasalahan geometri yang harus membayangkan sesuatu yang rasanya abstrak bagi kita, Kig datang untuk membantu Temen-temen. Kig adalah aplikasi yang sengaja dirancang untuk membuat simulasi dari suatu permasalahan geometri. Bagaimana ketika suatu titik dicerminkan terhadanp titik tertentu, bagaimana jika suatu titik dirotasikan terhadap suatu titik tertentu, sehingga kita akan tahu dimana letak bayangan dari titik yang kita rotasikan atau kita cerminkan. Singkat kata Kig adalah aplikasi yang memang dirancang untuk membuat simulasi geometri.
Bagaimana, temen-temen penasaran?
Eh tunggu dulu, belum saatnya untuk penasaran karena selain aplikasi kematemaikaan juga masih ada aplikasi yang dirancang untuk mata pelajaran yang lain, seperti dalam pelajaran kimia ada aplikasi Kalzium yang didalamnya saya melihat sistem periodik unsur. Namun saya kurang tahu jelasnya bagaimana penggunaan aplikasi tersebut. Dan sebenarnya masih banyak aplikasi pembelajaran yang lain, namun karena basic saya matematika, saya lebih fokus ke aplikasi yang berhubungan dengan matematika.
Karena edubuntu memang disajikan untuk dunia pendidikan bukan dunia kemahasiswaan atau bahkan dunia kematematikaan didalamnya juga ada aplikasi-aplikasi kependidikan untuk jenjang yang lain. Dan yang lebih menarik lagi semua aplikasi yang ada di dalamnya diarahkan untuk pendidikan, sampai-sampai gamenya juga game-game yang mengandung unsur pendidikan.
Temen-temen penasaran?? Mungkin kalau Temen-temen penasaran, sekarang memang sudah saatnya.  Jika ingin mencoba silahkan saja datang ke SAT Puskom UNS untuk sementara ini ada 2 komputer yang sudah terinstall dengan edubuntu. Temen-temen kurang puas?? Pengin punya waktu lebih untuk mempelajarinya?? Install laptop temen-temen dengan edubuntu, jika temen-temen sudah yakin bisa menginstallnya bisa pinjam master CDnya di SAT Puskom UNS. Jika temen-temen masih ragu untuk menginstallnya bisa minta bantuan petugas disana. Temen-temen masih ragu untuk meninggalkan windows? Tenang, temen-temen bisa menginstall laptop dengan dua operating system sekaligus.
Kurang apa lagi??!!
Ha, kurang panduan, nah kalau yang itu saatnya kita untuk belajar bersama-sama disini karena saya rasa saya masih belum punya cukup ilmu untuk memberikan panduan.