Setelah 2 hari kemarin komputer SAT saya install dengan linux ubuntu, meskipun belum usai akhirnya hari senin Ubuntu sudah mulai di gunakan untuk layanan di SAT. Karena mungkin itu hal yang baru untuk temen-temen akhirnya aku disuruh sekalian membuat tutorial untuk menggunakan ubuntu, khususnya untuk yang mau ngrental di SAT puskom UNS hehehe.

Yang pertama untuk akses internet silahkan buka icon firefox pada panel yang sebenarnya ada di atas, namun sebagian pada dipindah ke bagian bawah, atau buka lewat menu application > Internet > Firefox. Setelah membuka firefox tentunya sudah tinggal proses seperti biasa kalanya di windows. Sudah bisakan untuk akses internet???

OK sekarnag untuk chating yahoo messenger. Kalu temen-temen menginginkan untuk chating dengan user yahoo messenger, bisa menggunakan pidgin. Untuk memulainya silahkan buka di menu applications > Internet > Pidgin Internet Messenger. lalu akan muncul acount klik pada tombol add pada login option Protocolnya isikan yahoo. Pada screen name isikan username, password ya password Local alias, bebas. Tinggal di OK

Untuk mengggunakan office aplication bisa menggunakan open office. Fungsi Microsoft Word bisa digantikan dengan open office.org word processor. Microsoft Powerpoint bisa digantikan dengan open office.org Presentation. Begitu pula Exel digantikan dengan spreadsheet. Dan microsoft access bisa diganti dengan database. Namun yang perlu diperhatikan saat menyimpan file agar bisa dibaca di windows  jangan lupa merubah file typenya menjadi yang sesuai dengan di windows.

Untuk menggunakan flashdisk, tinggal tancap saja pada tempat yang biasa, secara otomatis flashdisk anda akan terbuka. Jika sudah tertutup, maka bisa dibuka kembali di bagian menu places atau di desktop. Dan biasanya kalau USB pada ikonnya akan ada logo USB jadi dapat dengan mudah dibedakan dengan drive yang memang ada dalam komputer. Jika sudah selesai menggunakan flashdisk, klik kanan pada ikon flashdisk anda yang ada di desktop, lalu pilih unmount. lalu tunggu beberapa saat sampai ikon flashdisknya ilang. Jika sudah flashdisknya siap untuk di lepas.

Dan khusus untuk operator, jika ada user yang tanya gimana kok hang, kalau di windows ada tombol ctrl alt del untuk memunculkan task manager kalau di linux tekan ctrl alt backspase untuk log off. Karena mungkin untuk sementara baru itu yang kutahu, kalau temen-temen ada yang ppunya solusi lebih baik, mohon di share