Tuntutan untuk beralih ke open source secara ridak langsung memaksaku untuk mendalami linux, karena sistem operasi yang gratis dan paling mudah menurutku adalah linux, meskipun sebenernya aku juga masih sangat kesulitan menggunakan linux, namun apalah daya diri ini karena tuntutan dunia untuk beralih ke linux. Namun aku dibingungkan lagi dengan banyaknya jenis linux, linux yang manakah yang terbaik dalam artian yang paling stabil alias tidak banyak erornya. Lalu saya tanya pada google, lalu aku malah direferensikan ke distrowatch.com saat aku lihat di sana, ternyata ubuntu masih tertenteng di urutan yang pertama.

Rank Distribution H.P.D*
1 Ubuntu 2202=
2 openSUSE 1880=
3 Mint 1443<
4 Fedora 1280<
5 Debian 1140>
6 PCLinuxOS 1099<
7 Mandriva 977>
8 Dreamlinux 625=
9 CentOS 604>
10 Damn Small 598>

Akhirnya akupun tertarik menggunakan Ubuntu. Lalu aku tanya-tanya lagi tentang ubuntu, eh ternyata ubuntu punya anak turun yang cukup banyak. Diantaranya ada Kubuntu, edubuntu, Xubuntu, dan lain-lain lah mungkin masih banyak lagi anak turunnya sebenarnya, namun baru itu yang kutahu.

Sedangkan karakteristiknya secara umum, Kubuntu menggunakan desktop environment KDE. Kubuntu merupakan bagian dari project Ubuntu dan menggunakan sistem yang sama. Kubuntu menjadi distro yang menarik yang menunjukkan banyak kelebihan desktop KDE. Kubuntu memiliki arsitektur dan share penyimpanan yang sama dengan Ubuntu.

Kubuntu menerima management power dalam rilis versi terbarunya, Kubuntu v8.10. Sistem management power memberikan kemudahan bagi user untuk memilih variasi fungsi untuk mengontrol power dalam sistem computer mereka.

Edubuntu adalah salah satu distro Linux diperuntukkan bagi dunia pendidikan. Keunggulan dari sistem operasi ini adalah ia mempunyai aplikasi untuk pendidikan dan memiliki kemampuan LTSP (Linux Terminal Server Project) dimana memungkinkan Anda untuk membuat jaringan diskless dengan mudah. Sedangkan kekhasan dari edubuntu yaitu pada installan secara defaultnya dalam paket aplikasi sudah ada menu education, yang berisi aplikasi-aplikasi yang ditujukan untuk pendidikan.

Xubuntu menggunakan Desktop Xfce. Xfce adalah lingkungan Desktop modern yang sederhana, cepat dan rapi. Anda dapat mengibaratkan Xfce sebagai BMW MINI dari Desktop Linux. Dan digabungkan dengan Ubuntu yang memberikan Anda kekuatan penuh dan kemudahan penggunaan yang menjadi ciri dari Ubuntu, sehingga Anda bisa mendapatkan lingkungan desktop yang handal untuk perangkat keras lama Anda.Keunggulan utama dari Xubuntu adalah:

  • Sederhana. Xubuntu memang tidak memberikan kecanggihan seperti yang ada pada Ubuntu (Desktop Gnome) dan Kubuntu (Desktop KDE), sebab Xfce berfokus kepada kegunaan dasar dan antarmuka yang sederhana.
  • Cepat. Dengan Xubuntu Anda akan langsung merasakan kecepatan yang diberikan oleh lingkungan Desktop Xfce, yang memang dibuat untuk sistem dengan resource kecil. Jadi jangan khawatir bila perangkat keras Anda bukan yang terbaru dan terbaik – komputer Anda akan tetap berjalan cepat dengan Xubuntu.
  • Rapi. Xubuntu sudah menyediakan Look&Feel yang modern dan bersih. Tentu saja, Anda dapat meng-customize Desktop Xfce – dapat dipilih beragam kumpulan ikon, window borders, kumpulan warna, dll

Kalau Ubuntu itu sendiri, pasti sudah banyak artikelnya di google, tapi yang jelas kalau distro ubuntu menggunakan desktop gnome.