Sebenarnya kemarin-kemarin saya juga sudah mulai agak tidak perduli dengan semua itu, yah mungkin karena sudah mulai keenakan meggunakan windows jadi ya males untuk pindah ke linux. Karena sistemnya yang sangat jauh berbeda sehingga mengharuskan kita untuk belajar mulai dari nol lagi. Baagi yang belum pernah menggunakan linux sudah hampir dapat dipastikan bakal kebingungan. Dan lebih parahnya lagi, linux merupakan OS yang bersifat open source akibatnya semua orang dapat mengembangkan sesuai dengan keinginan, sehingga menghasilkan jenis yang beraneka ragam. Dan dari masing-masing jenis itu bakal punya karakteristik sendiri-sendiri dan juga bisa berbeda letak menu-menunya. Sungguh tak terbayangkan betapa sulitnya memakai linux.

Sedangakan jika dibandingkan dengan menggunakan windows, yang sejak kita lahir didunia komputer dikenalkan dengan windows, sehingga persepsi orang yang baru melihat komputer, sistem operasi itu hanyalah windows, tak ada yang lain. Dan setelah itu tentunya ketika belajar ya langsung di Sistem Operasi Windows, mulai dari belajar yang paling simpel seperti ngetik sampai yang expert seperti desain dan sebagainya semuanya dilakukan dalam sistem operasi windows. Akibatnya windows mendarah daging pada diri pengguna komputer.

Jadi ketika orang di suruh untuk beralih ke linux, wow. Coba bayangkan ketika ada orang yang dari kecil lahir dan di besarkan di Papua, datang kabar bahwa papua akan dimusnahkan, akhirnya harus pindah di Amerika. Tentu bisa membayangkan bukan bagaimana bingungnya orang itu. Dan orang tersebut akan lebih bingung lagi jika sendiri. Mungkin alasan itu pulalah yang membuat orang malas untuk berpindah dari windows ke linux. Sebagain besar orang masih takut bingung dengan sistem linux yang masih sangat baru dan asing bagi mereka.

Sebenarnya tidak ada paksaan untuk beralih ke linux, semua itu adalah pilihan, dan setiap pilihan yang kita pilih harus dipertanggungjawabkan. Apakah kita kuat untuk membayar lisensi windows ataukah kita akan beralih ke FOS (Free Opens Source) seperti linux yang masih sangat asing bagi kita atau freebsd yang berbasis text yang mungkin bakal lebih asing dan sulit atau menggunakan jalan pintas untuk memakai windows yang sudah di patch alias sudah di crack yang tentunya bagi orang muslim tahu halal haram dong. Semua pilihan ada di tangan kita dan setiap pilihan yang sudah kita pilih, kita sendiri yang harus pertanggung jawabkan. Soo…… Up 2U

O ya hampir lupa, kesulitan kita akan bisa lebih mudah dipecahkan kalau kita kerjakan bersama-sama, demikian juga dengann belajar linux, cari temen-temen untuk belajar bareng tentang bagaimana cara menggunakan linux. Dan untuk menambah temen yang lebih banyak silahkan gabung ke forum-forum linux. OK