Content Management System atau yang sering dikatakan dengan nama CMS mungkin sudah tak asing lagi di telinga temen-temen yang sudah menggemari web desain. Namun kata CMS terasa sangat asing bagi orang-orang pada umumnya yang masih belum berkiprah di dunia internet khususnya dalam bidang desain web. Jika secara definisi yang sebenarnya sayapun juga belum tahu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan CMS itu. Namun secara umum kalau di windows ada aplikasi sejenis Microsoft office, winamp, dan sejuta aplikasi lainnya, kalau dalam server website ada aplikasi-aplikasi yang disebut CMS. Atau singkat kata CMS adalah aplikasi yang berbasis server. Jadi CMS digunakan untuk mengolah data-data input yang diberikan menjadi output sesuai dengan yang diinginkan dengan proses pengolahan dalam server (hanya persepsi saya sendiri).

Namun CMS tak sepenuhnya sama dengan aoplikasi windows. Biasanya kalau cms hanya berbentuk aplikasi-aplikasi yang sederhanya yang biasanya digunakan untuk membuat tampilan website yang dinamis, seperti website-website yang berkembang akhir-akhir ini. Meskipun sekarang sudah mulai dikembangkan CMS yang bisa digunakan untuk membuat file-file ekstensi tertentu namun masih sedikit adanya.

Jika ingin lebih mendalami seputar CMS silahkan coba mencari-cari artikel di google tentang cms atau yang sedang ngetrend saat ini ada joomla (untuk membuat tampilan situs yangberbasis WEB), wordpress (untuk membuat situs yang berbasis Blog), phpBB (Untuk membuat forum diskusi onmline), moodle (untuk membuat e learniang) dan masih banyak sekali CMS-CMS yang lain yang sedang dikembangkan. Atau seilahkan tunggu postingku yang selanjutnya.