Teringat beberapa waktu lalu aku bau saja betemu dengan teman lama. Yang dulu aku tinggal tanpa pamit. Ya dia berasal dari luar negeri pokoknya, aku lupa kebangsaannya. Karena saat itu aku sedang naik motor, maka ku berhenti sejenak untuk bercakap sekedarnya. Dan ternyata dia mengajak bercakap-cakap panjang, lebar dan tinggi, banyak deh pokoknya. Sampai di akhirnya dia meminta nomor HPku.

Setelah itu aku jadi teringat beberapa teman-temanku yang berasal dari luar negeri. Dulu waktu aku masih di Puskom, sering sekali bertemu orang luar negeri, sehingga tanpa sengaja kita sering bercakap-cakap dan paling tidak bisa saling menyapa. Bebeparpa orang yang sempat aku kenal diantaranya ada Steve, Jasmin, Acidri, George, dan sebenarnya masih ada beberapa teman yang lumayan akrab, namun aku tak berai menanyakan namanya.

Yang pertama ini orang bule aku gak tahu namanya, dia berkulit putih, berambut lurus tipe 31 (hehehe asla2ala). Aku mulai mengenalnya seperti biasa pertama dia sering ke puskom. Dan yang kedua yang utama, dia dan aku sehoby, dia masih lumayan muda dan punya hoby ngegame juga. Bahkan teringat dulu wakut maen game counter strike dia juga gabung dengan permainan lokal aren network (lan) yang saya dan temen-temen disana buat. Dan yang paling giamanaaa gitu yakni kalau aku dan temen-temen yang dari puskom sudah mati, langsung saja aku ketikkan command “bot_kill” apa itu artinya? Bunuh semua bot. karena namanya nama asing, maka aku pikir nama itu adalah nama bot, atau komputer (padahal setelah tahu dia yang maen masih saja aku gitukan. hehehe) dan saat aku melakukan itu terlihat wajah kecewa darinya, namun game masih tetap dilanjutkan.

Yang kedua, yaki orang-orang hitam legam berambut kriting, orangnya besar-besar. Untuk yang ini aku cuman sekedar tahu, tak pernah berinteraksi dengannya. Dan dulu sering banget aku bercanda dengan temen-temen, kalau dia datang ngobrol-ngobrol di belakang bilang “kick ndrw” apa ya itu??? Karena saat itu sedang popularnya maen CS, kick itu salah satu command dalam cs yang artinya tendang alias keluarkan. Dan ndrw itu singkatan ndruwo, salah satu nama populer hantu di daerahku. Kalau arti selengkapnya tentunya yang baca sudah paham lah.

Yang ketiga, namanya jasmin dan pasangannya. Dulu dia pernah minta tolong kepadaku untuk menginstll ulangkan laptopnya. Dengan logatnya berbahas indonesia yang 80 persen paham, aku agak bingung dulu waktu dimintai tolong. Saat aku paham bahwa maksudnya minta tolong untuk menginstal ulagkan laptopnya, langsung aku instal ulang laptonya. Dan ternyata setelah itu aku diberi uang 15000 dan dia bilang kalau kurang nanti akan saya tambah lagi tapi tolong ini dikasih shortcut2 officenya dll. Dan setelah itu dia kembali dan menambah lagi dengan 5.000 padahal aku tak pernah bilang kurang.

Yang keempat, Namanya acidri. Dia orang berkebangsaan mana/? aku juga tidak tahu. Yang jelas dia berkulit hitam pekat. Bahkan mungkin dulu saat aku masih jadi maru belum mengenalnya dia yang aku pikir patung di SGM. Dia hampir sama dengan Jasmin, akrab denganku karena dia memint tolong untuk mengnstall ulangkan laptopnya, dan setelah itu di sering sekali bertanya-tanya masalah komputernya kepadaku. Padahal aku sendiri tak begitu paham dengan permasalahannya, namun tak apalah aku coba menjawab semampuku.

Yang kelima namanya steeve. Aku juga tak tahu asal kebangsaannya, dan yang lumayan gokil dengannya yaknisaat adia datang pagi-pagi dan mengucapkan selamat pag, namun tak satupun dari kami yang menjawabnya. Dan setelah itu di marah besar dia berbicaranya pake gaspol remblong, kalau kalian tahu ekspresi kita… Untung saa kemarahannya tidak sepenuhnya pakai bahasa Indonesia meskipun sebenernya sedikit banyak aku paham, tapi aku bisa pura-pura tidak tahu. Hehehe

Yang ke enam aku lupa namanya. Dia kebrkabangsaan cina, da berkulit putih dan berambut lurus. Saat itu aku lihat dia sedan berjalan kaki, dan aku juga kebetulan sedang berjalan ke belakang kampus, dan sedikit bercakap-cakap dan aku coba tanya bagaimana pendapatmu tentang indonesia (sambil berharap dijawabnya dengan jawaban “Orang Indonesia itu ramah-ramah, sopan, dsb) ternyata jawabannya berbeda. Dia bertanya kembali maksudnya pendapat tentang apa? (berbahasa indonesia dengan logat luar negeri) kujawab tentang kehidupannya. Yah singkat cerita jawabannya biasa-biasa saja.

Dan yang terakhir ini namanya George, dialah yang paling istimewa. Diantara orang-orang luar negeri yang aku temui, dialah yang paling sering berinteraksi denganku. Dia orang yang paling sering sekali ke puskom dan biasanya dia pakai komputer yang berada di sebelahku. Tiap aku tengok pastilah dia mengakses nigerian …….. site entah titik-titiknya apa isinya aku lupa. Yah jadi inget negara asalnya george, steve dan beberapa yang lain banyak yang dari nigeria. Tapi sudah terlanjur sampe sini males ngedit notenya. Heheheh (malas.com) dan setelah itu biasanya dia sering chating dengan orang-orang yang tak kukenal, mungkin keluarganya. Biasanya dia pulang dari puskom sekitar jam tiga atau kadang jam empat, namun pagi sudah kembali ke puskom, entah berapa jam sehari dia tidur aku juga tak tahu.

Dan yang gokil lagi darinya, aku dirinya dan pak satpam sempet ngobrol-ngobrol, eh sebenernya dia yang ngobrol dengan pak satpam ding. Terdengar percakapan dengan pak satpam, dia bilang orang Indonesia cantik-cantik ya… hehehehehe dia tertawa, saya ingin menikah dengan Orang indonesia. Pak satpam jawab “Ya apa bisa kala nikah disini susah, prosedurnya harus mendatangkan orang tua dan pokonya ribet lah.” Dia jawab,” kalau nikah di daerah saya sebentar saja cukup butuh waktu satu jam, dua jam cukup, yang penting datang bersama pasangannya bersama wali yang bisa diwakilkan dan lalu tanda tanga cukup. Jadi kalau disana saya ingin menikah, saya bisa ajak hari untuk berpura-pura menjadi wali dan kemudian kita tanda tangan bisa selesai.” yang semula saya cuma ikut tertawa mendengarnya, karena namaku juga disebutnya aku jadi ikut bercakap-cakap dengannya. Dan hari itu menjadi hari yang penuh tawa. Pak satpam gak mau kalah untuk menyatakan bahwa nikah di sini susah, namun George selalu bilang bisa, nikah itu mudah. Oh ya dan yang membuatku tertawa lagi yakni saat george bilang,”Saya punya kenalan orang indonesia, hari jum’at saya SMS tidak dibalas, sabtu saya sms tidak dibalas, minggu saya sms tidak dibalas lagi. Dan tadi juga saya sms tidak dibalas. Yah tidak apa-apa.” Pak satpam bilang, “Wonge gak sengen koe ki george” dan perkataannya yang tadi di ulang lagi ya tidak apa2.

Dan sempat saat aku maen game online, dia ingin membuka filem di suatu website (katakanlah youtube) karena kalau ada yang streeming video bakalan macet-macet ni game, maka putuskan koneksinya beberapa saat sampai macet dan aku kembalikan lagi dan kalau ngakses video lagi aku potong lagi. Dan terlihat wajah kecewa darinya namun tak sedikitpun perasaan bersalah ada padaku saat itu. Dan akhirnya kau bisa maen game spuasnya.

Dan yang tak kalah menarik lagi saat bulan puasa dia bercerita kalau dia juga berpuasa. dan akhirnya pembicaraan kita mengarah pada agamanya. Lalu dia bercerita bahwa dia beragama ******* tapi dia tak pernah ahu cara beribadah. Dia cuman punya status agamanya saja atau singkat kata seperti islam katepe di indonesia. Begitu pula dengannya. Dia juga bilang kalau dia tak percaya dengan Tuhan, katanya Tuhan itu tidak ada. Namun sayangnya aku tak bisa membantu meyakinkanya bahwa Tuhan itu ada. Yah mungkin aku bukan teman yang baik untuknya. Hehehe

Dan karena berbagai hal aku putuskan untuk meninggalkan tempat biasa kami bertemu. dan aku sudah tak pernah lagi bertemu dengannya. Beberapa waktu kemudian aku dengar kabar dari adik angkatanku katanya george mencariku kok sekarang tidak pernah kelihatan lagi. Karena kebetulan dia satu koskosan dengan george.Namun tak pernah aku hiraukan cuman aku balas dengan nada tak peduli o ya kapan-kapan tak main (padahal tak pernah terpikirkan untuk main). Dan yang kutuliskan diawal tadi adalah pertemuanku dengan george. Aku malu, meski saat bertemua aku selalu mengganggunya, namun saat bertemu sampai seperti itu dia.

Sebenernya mash banyak lagi cerita-cerita menark bersama mereka. namun sayangnya ingatanku terlalu kecil untuk mengingat semuanya. Aku terlalu pelupa untuk mengingatnya. Dan yang menarik dari mereka mereka selalu berjalan kaki. Dan ternyata saat aku mencoba untuk berjalan kaki, ternyata berjalan kaki itu begitu banyak manfaatnya. Tunggu catatan berikutnya tentang manfaat yang kurasakan dari jalan kaki. Semoga bermanfaat