Jum’at sore tadi ada gladi bersih untuk TPW Training Pembuatan Web yang diadakan oleh SKI FMIPA UNS. Disitu aku kebagian sebagai sie acaranya sebenere. Dan rencananya besok itu untuk trainingnya akan menggunakan joomla CMS. Yah karena memang agak susah juga ya untuk mencari orang yang bener-bener mendalami Joomla CMS, akhir aku sendiri yang bakal menjadi trainer besok. Yah sebenernya pada awalnya biasa-biasa saja. Namun setelah mendengar pendaftarnya, yang ternyata sebelum publikasi ternyata quotanya gak ada seperempatnya, aku jadi merasa grogi juga.

Siapa yang tidak grogi kalau untuk ngisi training yang pertama kalinya dan yang diisi dari Universitas. Sedangkan aku sendiri tidak punya pendidikan formal yang mendukung ini. Aku hanya punya bekal pengalamanku selama 18 bulan mendalami joomla.  Semoga ini bisa memberikanku pengalaman yang sangat berharga. Dan tentunya ini bakalan menjadi my “Unforgotable Moment For Me”.

Sore tadi kebetulan aku diajak ke labkom sama Avies untuk mencoba. Namun setelah aku coba ternyata aplikasinya tidak bisa berjalan. Akupun kebingungan dan dicoba di ruang sebelah yang katanya sudah ada appservnya. Lalu sebelum aku mencoba di ruang sebelah, tiba-tiba ada asisten lab yang datang dan diberi tahu ternyata di lab sudah ada appservnya. Alhamdulillah ternyata permasalahannya di aplikasinya sudah ada jadinya tidak bisa di jalankan aplikasi lagi.

Lalu aku mencoba melakukan instalasi pada salah satu komputer. Dan alhamdulillah ternyata semua berjalan lancar-lancar saja. Akupun mulai tenang karena untuk persiapan perkap sudah OK. Lalu akupun mencoba-coba fitur-fitur yang lain. Dan saat aku masuk pada administrator ternyata…… Eror

Saat itu hari sudah mulai malam, lalu sholat dahulu. Setelah sholat aku balik lagi ke labkom untuk mencoba membenahi kesalahan. Namun…. aku baru ingat kalau ternyata sore ini aku harus mengambil brownies. Karena persediaanku sudah habis. Lalu aku segera balik dan mencari pinjaman sepeda motor untuk mengambil brownies ke tempat biasa.

Karena tadi siang aku sudah telepon akupun langsung menghampiri adik angkatanku untuk aku ajak mengambil ke sana, karena kau tak bisa membawanya sendirian. Langsung saja kita segera berangkat ke lokasi tujuan. Dan aku minta dia untuk menyetir sepeda motornya. Buzz cepat sekalai dia menyetirnya. Meskipun hujan gerismi tak pernah menjadi halangan. Dalam tempo setengah jam akhirnya kita sampai di lokasi tujuan. Namun setelah sampai di sana ternyata…. Browniesnya habis. Kitapun akhirnya segera balik lagi ke kampus.

Aku balik lagi ke labkom masih menangani masalah yang sama seperti tadi. Aku masih mencari cara untuk mematikan apache dan sql pada appservnya. Kucoba-coba mencari cari cara ternyata masih saja tidak bisa. Aku hampir saja putus asa. Namun aku masih kepikiran kalu aku putus asa dan tidak menyelesaikan ini terus bagaimana nasib TPW Besok???

Lalu muncul inisiatif, kalau aplikaisnya diuninstall tentunya servisnya akan bisa berhenti. Dan masalah instalasi ulang, komputer sudah dilengkapi dengan shadow user. Jadi ada perubahan seperti apapun pada komputer kalau direstartbakalan balik lagi. Namun kalau loginnya guest bisa gak ya untuk menguninstall??? Lalu aku coba uninstallnya. Dan ternyata….. Windows unistaller bisa keluar, aku sangat senang melihat ini. Lalu tinggal next, next dan seterusnya saja. Namun ternyata saat finish harus reboot baru bisa terunistall sempurna. Akhirnya jawaban itu tak menjadi solusi permasalahan ini.

Lalu aku minti diloginkan administrator. Lalu aku coba-coba untuk menghentikan servisnya. Namun ternyata masih seperti biasa. Saat aku klik pada tombo stop apache keluar perintah yang intinya tidak bisa. Huhhh… aku bingung mau apa lagi ini. Lalu kucoba-coba ulang, lalu aku pilih control by service lalu stop mysql ternyata berhasil. Dan aku stop apachenya ternyata berhasil. Namun aku juga masih belum yakin kalau ini bakalan berhasil. Lalu aku coba akses localhost, ternyata bisa berhenti. Aku masih belum yakin juga sampai pada akhirnya aku jalankan Uniform Server dan ternyata berhasil dan aku proses instalasi dan coba beberapa fitur, aku baru yakin kalau ternyta ini sudah berhasil

Alhamdulillah yaa Allah. Terima kasih atas bimbinganmu. Dan mohon bimbinglah diriku untuk agar besok bisa mengisi acara dengan baik. Amiiinnnn