Upz hampir lupa pada posting sebelumnya sudah di jelaskan bagaimana cara menambah modul dalam web joomla. Bagi temen-temen yang sudah mencobanya tentu saja akan ada kejanggalan, karena tenyata setelah modul diupload and install masih saja tidak ada perubahan pada web kita. OK sekarang akan saya buatkan bagaimana caranya untuk menampilkan modul yang telah kita install atau menghilangkan beberapa bagian dari tampilan yang sudah menjadi bawaan template yang telah kita pilih.

Setelah temen-temen berhasil menginstall modul, secara defaultnya joomla akan menyimpannya dalam keadaan unpublish. Artinya jika kita ingin menampilkannya kita harus merubah statusnya menjadi publish. Lalu bagaimana caranya??? OK. setelah temen-temen login pada administrator, temen-temen lihat pada menu yang paling atas. Kemudian cari menu modules, seteleh ketemu cukup disorot saja, lalu akan muncul site modules, disitulah seharusnya anda klik.

Lalu akan muncul list dari modul yang terinstall dalam pata situs joomla anda.

Tanda silang merah di bawah tulisan published menunjukkan modul tersebut sedang tidak dipublikasikan. Dn jika tandanya centang berwarna hijau berarti modul tersebut sedang dipublikasikan. Untuk merubahnya bisa langsung di klik pada tnada silang merah atau centang hijau. Silahkan berexperiment dan mencoba-coba, jika banners di unpublish, bagaimana efeknya, kalau main menunya di unpublish bagaimana tampilannya dan silahkan kembangkan kemampuan temen-temen semua. Jika bingung saya selalu siap menerima pertanyaan OK. Bersemangat…