BIsa mengganti template saja rasanya masih kurang karena template di joomla itu hanya ada 2 secara defaultnya. Meskipun sudah bisa mengganti template kalau hanya dua itu saja rasanya masih sangat monoton. Dan poastinnya web kita belum tampak keren karena hanya seperti itu-itu aja.

OK Sekarang saya pandu untuk menambahkan template baru di jooma. Seperti biasa temen-temnen harus login di control panel joomla terlebih dahulu. Lalu cari tombol installers >> template-site klik di situ, jika tahapan temen-temen benar akan muncul tampilan seperti ini

Hari KuswantoHari Kuswanto

Jika sudah seperti itu berarti proses yang temen-temen lakukan sudah benar. Untuk tahapan selajutnya adalah tinggal klik browse ke template anda lalu klik upload File & install. Upz hampir lupa, yang perlu diperhatikan sebelum mengupload file dan install adalah tuliasan directory di bawahnya “media/”,”administrator/templates/”,”templates/”,”images/stories/” harus dalam kondisi writable (berwarna hijau).

Kalau belum punya template untuk di upload bisa dicari di situs joomla24.com disana banyak template-template joomla yang free. Pilih template baru yang sesuai dengan keinginan anda. Jika sudah mendapat template yang dirasa cocok silahkan download templatenya. Ingat file template joomla berbentuk arsip zip jadi kalau tidak zip ada sesuatu yang perlu diubah.