Saat emnjalani rutinitas harian di kammpus, ternyata beberapa temen-temenku sudah mulai memikirkan mengenai Tugas Akhir Mahasiswa alias skripsi. Padahal aku sendiri belum sadar sudah sejauh mana kuliahku, aku masih belum merasakan sense of kuliah (walah bahasa planet mana tuh). Meski kondisi kuliahku masih belum mapan, naamun yah karena temen-temen ada yang berpikir masalah skripsi, ya iseng-iseng ikut pikir.

Setelah sesaat aku pikirkan, rasanya aku pingin ambil skripsi mengenai analisis saja, seperti membuat theorema, membuktikan suatu kebenaran dll. Karena aku rasa aku sering sekali mempunyai pemikiran yang berbeda dengan teman-teman, bahakan kadang dengan dosen.sehingga banyak kemungkinan akan muncul pemikiran-pemikiran baru yang dapat dituangkan dalam suatu theorema, yang kelak bisa digunakan untuk mempermudah suatu pengerjaan (tau malah menjadi perkerjaan orang yang kurang kerjaan (karena malah bikin susah tak tahu aplikasinya).

Dan ketika aku coba bandingkan antara kemampuan logis dan hafalan aku rasa logikaku lebih kuat dari pada hafalanku.namun ernyataan ini hanya berdasarkan asumsi belakan. Aku lebih suka sesuatu yang lebih terpula, jelas dari mana asalnya dan semuanya serba sistematis. Meskipun kalau dalam kenyataan aku tidak seperti itu, karena aku sering mngingkari hatiku hanya untuk kesenangan saat itu saja. Dari sini aku rasa semuanya sangat cocok untuk mata kuliah analisis.

semester ini aku baru ambil mata kuliah kriptografi. Dan tidak tahu kenapa seolah ada ketertarikan tersendiri, antara kesukaanku dengan sesuatu yang bisa dilogika dengan hoby dengan hal-hal yang berbau komputer menyatu membuatku tertarik padanya.

Dan pada saat kuliah terakhir, dosenku mengajarkan mengenai pengiriman kode rahasia dengan menginclude kan dalam suatu file. Secara kasat mata itu tak akan terlihat perbedaanya. Dan katanya itu merupakan topik yang menarik untuk skripsi. Kemari ada kakak angkatan yang skripsinya mengenai kriptografi, namun ada beberapa kekurangan, kelak topik tsb bisa disempurnakan untuk Skripsi juga. Seolah jlan semakin terbuka luas untuk skripsi mengenai kriptografi

Di pertengahan kuliah dituntukkan dua judul filem yang berhubungan dengan kriptografi. Mercury rising dan beautiful mind. Akupun langsung searching di internet untuk mendapatkan filem tersebut. Setelah sekitar 3 hari download, aku menikmati filem berbahasa inggris yang tak ada terjemahannya ini. Meski tak paham apa yang dikatakannya, namun paling tidak ada gamabaran alurnya.

Dan setelah selesai, kedua filem itu aku mendapatkan pandangan yang berbeda, dari tokoh utamanya keduanya merupakan orang yang aneh, tapi tak apa menjadi orang yang dianggap sebagai orang yang aneh, namun yang membuatku ingin berubah pikiran, yakni dalam filem itu digambarkan ahli kriptografi itu hidupnya tak tenang. Karena menyangkut keamanan negara.

Sekarang pikiranku dalam percabangan, analisis yang masih belum punya topik yang jelas, atau yang sbenarnya juga topik yang sama namun lebih khusus yakni kriptografi yang sudah ada gambaran topik, namun…..

Untuk yang membaca tulisan ini saya mohon bantuannya untuk memberi pertimbangan.