Mungkin sampai saat ini masih belum begitu banyak yang tahu hakikat perbedaan antara web dengan blog, karena mungkin memang tak ada gunanya mempelajari perbedaan web dengan blog. Orang-orang pada umumya mengakses internet hanya sekedar untuk mencari informasi saja, yang penting sudah mendapat informasi sudah cukup.

Namun semua itu terasa sangat penting ketika anda berminat dan memiliki hobby dalam hal web design alias desain web. Karen walaupun sekilas sama saja namun sebenarnya web dengan blog memiliki fitur yang berbeda-beda, dan karena memiliki perbedaan tentunya takubahnya manusia keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Mengingat keterbatasan, mungkin hanya sedikit yang bisa saya deskripsikan untuk menggambarkannya.

Karakteristik umum blog biasanya masih cukup simpel dan mudah dipelajari. Blog ini sangat cocok untuk pemula alias newbie. Karena dari segi sistematis lebih mudah untuk di pelajari dan tidak banyak tools-tools yang mungkin bisa membingungkan. Disamping itu untuk penggunaan blog tidak butuh banyak setting-setting yang bisa berpotensial membingungkan bagi penggunanya. Disamping simpel dari segi penggunaan script didalamnya juga cukup simple sehingga lebih sedikit potensi hole alias potensi kelemahannya.

Namun karena scriptnya yang cukup simple, sehingga bagi pengguna web tingkat lanjut terasa sangat kurang, karena semua itu berimbas ke feature-feature di dalamnya yang terasa sangat sedikit. Mulai dari text editor alias WYSIG tools-tools, setting-setting dan sebagainya.

Berbeda dengan web, kalau dalam web pada umumnya agak lebih sulit dalam pengelolaannya karena biasanya cukup banyak setting-setting yang harus dikonfigurasikan. Script-scriptnya jauh lebih banyak sehingga bisa membingungkan untuk kalangan pemula. Namun untuk pengguna tingkat lanjut web justru memberi keleluasaan dalam megatur tampilan yang lebih sesuai dengan keinginan serta lebih flexibel dalam berbagai hal.

Dan selanjutnya bagaimana menurut anda… Pilihan ada di tangan anda. Eh ya kalau ingin melihat contoh blog tampilan ini saya buat dengan cms yang berbasis blog dan jika ingin melihat contoh tampilan web silahkan lihat contohnya di sini