Articles Comments

Hari Kuswanto » joomla, Web » Instalasi Joomla

Instalasi Joomla

Langkah pertama

sebelum anda menginstall Joomla CMS cek dulu apakah computer anda sudah terinstall PHP Server semisal easyPHP ataupun sejenisnya? Dan apakah anda sudah punya master Joomla CMS? Kalau komputer anda belum terinstall PHP Server, silahkan anda install dulu. Untuk Mendownload PHP server anda bis mendownload easyPHP dari weblink di website ini bila anda belum punya master Joomla CMS, silahkan anda download dulu masternya weblink website ini juga sudah saya sediakan

Kedua

Setelah anda mendownload master easyPHP dan master joomla cms sekarang tahap instalasi. Kalu untuk instalasi easyPHP saya yakin sudah bisa semua, seperti biasa lah pokoke di next next dan seterusnya dan akhirnya finish dech.  Terusn Instalasi joomla nya gimana neeh kok filenya berbentu archive dsan ketika di ekstrak kok isinya gini, gimana caranya untuk nginstall. Tinggal di extract aja di directory program easyPHP yang barusan di install pilih folder www (biasanya directory selengkapnya c:/program files/easyPHP/WWW)

Ketiga

Ini Baru Instalasi joomla yang sesungguhnya. Buka internet browser bisa mozila firefox, internet explorer, Opera atau apapun deh yang penting internet browser. Sebelum dilanjutkan pastikan bahwa program easyPHP sudah berjalan.  Bila sudah berjalan bukalah localhost di browser anda. Jika localhost ditemukan berarti tak ada masalah dengan browser anda namun jika tidak ditemukan maka jangan melangkah terlebih dahulu. Silahkan cek apakah easyPHP anda Sudah diaktivkan atau belum. Jika sudah diaktivkan ternyata belum bisa silahkan coba reinstall easyPHP anda.

Keempat

Anggap masalah tiga sudah selesai. Lanjut yang keempat, biasanya bila localhot ditemukan ada satu folder langsung masuk aja ke folder tersebut, maka akan muncul seperti ini

Joomla tutorial Indonesian

Perhatikan gambar diatas, lihat tanda yang dilingkari merah. Itu artinya settingan register global pada server kita “On” / terbuka, dan di recomendasikan untuk di Off kan / dimatikan/ ditutup cara untuk menutup register global, anda bisa pergi untuk membuka file “php.ini” karena settingan register global ada di dalam file ini. baiklah kita pergi ke file “php.ini” biasanya terletak di C:/windows atau C:/windows/system32 atau kalau anda bingung dan tidak tahu location file “php.ini” anda bisa cari tahu di http://localhost/phpinfo.php

joomla tutorial indonesia

Anda tahu, bahwa file “php.ini” terletak di c:\windows\php.ini. tanpa buang waktu, langsung aja pergi ke lokasi C:/Windows lalu open file php.ini. setelah anda buka, cari string “register_globals”. Lalu ganti valuenya menjadi “Off”.

Setelah diganti, silahkan anda restart server PHP anda. lalu buka kembali url joomla anda.

tutorial install joomla cms

Lihat! Tidak ada tanda kuning lagi bukan. Meskipun sebenarnya tanda kuning / warning register globals on tadi tidak wajib di hilangkan alias seandainya tidak di off kan register globalsnya pun tidak masalah (hanya akan terjadi sedikit perbedaan saja pada performance dan security nya). Tapi setidaknya dengan register globals off akan selangkah lebih aman.

Setelah itu anda click next

tutorial install joomla cms

Kemudian ada page license click next

tutorial install joomla cms

Kemudian anda akan melihat page berikut

tutorial install joomla cms

I

Isikan textbox diatas dengan benar.

Hostname = nama host database tersebut (masukkan localhost)

Mysql user name = nama user database tersebut (masukkan root)

Mysql password = password mysql (kosongi saja)

Mysql database name= nama database mysql (hari)

Mysql table prefix= nama awalan dalam setiap table (har_)

Drop existing tables = menghapus table yang sudah ada sebelumnya

Backup old tables= menyalin table-table yang sudah ada sebelumnya

Install sample data = menambahkan sample data/ contoh data

Saya yakin dari keterangan diatas anda pasti mampu menyelesaikan tahap ini dengan benar. Jangan lupa jika semua textbox telah diisi click NEXT

tutorial install joomla cms

Jika muncul message box seperti gambar diatas, click tombol OK.

tutorial install joomla cms

Pada step 2 ini, silahkan masukan nama website yang anda inginkan pada text isian “Site Name” bila sudah tekan NEXT

tutorial install joomla

Pada step 3 akan anda temui sejumlah text box, diantaranya:

URL = berisi alamat host beserta subnya website tersebut

Path = berisi alamat asli file website tersebut

Your email = isikan dengan email anda

Admin password = pada text ini anda boleh menggantinya dengan kata apapun sesuka anda. bila sudah tekan NEXT

tutorial install joomla cms

Ini adalah step terakhir anda harus memperhatikan username dan password anda tadi. Jangan sampai lupa. Anda bisa melihat website anda dengan meng click “VIEW SITE” atau jika ingin langsung masuk administrator page silahkan click “ADMINISTRATION” pada pojok sebelah kanan atas.

Dan jangan lupa untuk menghapus folder installation pada file website anda atau boleh juga me rename nya/ mengganti nama foldernya saja. kini proses installasi joomla CMS telah selesai

Filed under: joomla, Web · Tags: , , , ,

11 Responses to "Instalasi Joomla"

  1. [...] atau masih belum jelas tentang cara menginstall joomla di web server anda silahkan baca ulang di sini, dan jika ternyata masih belum bisa silahkan langsung saja menghubungi [...]

  2. ghie says:

    thanks” ilmu’ny bermnfaat ! .
    okokelahh ! .
    hho .

  3. cosel says:

    makasih yach/…

  4. port says:

    Udah ada yang versi 1.5 pak

  5. hari says:

    versi 1,5 maksudnya itu bukan versi yang lebih baru dari versi 1.0, namun versi 1.0 dan versi 1.5 itu 2 versi yang berlainan yang masing-masing dalam proses pengembangan. Kalau pada versi 1.5 ada yang terbaru 1.57 kalau yang 1.0 ada 1.015

  6. dhyan says:

    Om kalau bikin Joomla untuk di LAN bgm ?Setingan yg diedit apa saja ? Trus setingan securitynya bgm ?TK.Tlg jwbnya di cc ke emailku ya

  7. dikra says:

    bang hari …. maklum sya sbg pemula mau nanya gimana nih setelah menggunakan salah satu contoh template dari joomla,tp sy tidak menemukan header.jpg lalu direfres ko nda muncul nama site-nya. masih asli template joomla. matur nuhun.

  8. Aku udah coba..instal easyphp, dan joomlanya tapi ketika aku cek localhost dg browser kok gagal ya..soalnya aku pakai xaamp, maksudku aku ingin mencoba easyphp, gitu..tolong beri tahu aku, dan bagaimana set db-nya.., soalnya databasenya belumdi jelaskan…terima kasih.ya..ok

  9. The english dissertation would be needed by different people if hold the knowledge just about this topic. I opine the this is viable to detect the dissertation writing service which could perform that stuff.

  10. anita says:

    bagaimana sih,cara download instalasi xampp versi 1.7.3 ……….??????

Leave a Reply

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" line="" escaped="">

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image